Menguji Faktor-Faktor Pembentuk Kepercayaan Terhadap Niat Meneruskan Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus Aplikasi BCA Mobile)

Isi Artikel Utama

Vincentia Alfina Miranda Damayanti, Didik Setyawan, Sugiyarmasto

Abstrak

Studi ini dilakukan untuk menguji niat meneruskan penggunaan aplikasi keuangan BCA
Mobile. Niat meneruskan penggunaan aplikasi dipengaruhi oleh kepercayaan. Tingginya
kepercayaan positif individu dapat berpengaruh positif terhadap niat meneruskan penggunaan
aplikasi BCA Mobile. Kepercayaan merupakan variabel mediasi yang dipengaruhi oleh
pembelajaran persepsian, nilai persepsian, kompetensi teknologi, kecuali kompatibilitas. Data
diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang sudah pernah
menggunakan aplikasi BCA Mobile. Sampel yang digunakan berjumlah 200. Teknik
penyampelan yang digunakan adalah purpose sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan
analisa SEM (Structural Equation Modeling) dengan metode analisis jalur. Hasil analisis
yang diajukan menunjukkan bahwa empat hipotesis terdukung dan satu hipotesis tidak
terdukung. Hasil tersebut dapat dimaknai niat meneruskan penggunaan aplikasi BCA Mobile
didasarkan pada tingginya kepercayaan. Tingginya kepercayaan individu dapat meningkatkan
niat untuk terus menggunakan aplikasi mobile banking. Kepercayaan merupakan variabel
pemediasi yang dipengaruhi oleh variabel pembentuk yaitu pembelajaran persepsian yang
memberikan kemudahan dalam menggunakan aplikasi mobile banking, nilai yang dirasakan
oleh individu, kompetensi teknologi yang memiliki kemampuan dalam mengolah suatu
informasi maupun data, dan bukan karena adanya kompatibilitas yang membantu dalam
melakukan pembayaran sesuai dengan gaya hidup.

Rincian Artikel

Bagian
Articles