Analisis Faktor-faktor Pembentukan Nilai Persepsian dalam Upaya Mempengaruhi Niat untuk Terus Menggunakan Aplikasi Halodoc

Main Article Content

Rahma Sarita, Didik Setyawan, Ariefah Yulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel nilai persepsian pada niat untuk
terus menggunakan aplikasi Halodoc. Niat untuk terus menggunakan aplikasi Halodoc
disebabkan oleh nilai persepsian dalam menggunakan aplikasi Halodoc. Nilai persepsian
memberikan dampak pada niat untuk terus menggunakan aplikasi Halodoc. Data diperoleh
melalui kuisioner yang dibagikan kepada masyarakat umum yang sudah pernah
menggunakan aplikasi Halodoc. sampel yang digunakan berjumlah 236. Teknik penyampelan
yang digunakan adalah purpose sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan analisa SEM
(Structural Equation Modeling) dengan metode analisis jalur. Hasil dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa dua hipotesis terdukung dan dua hipotesis tidak terdukung. Hubungan
nilai persepsian berpengaruh positif pada niat untuk terus menggunakan aplikasi Halodoc.
Variabel halangan resiko tidak berpengaruh pada nilai persepsian. Variabel kompleksitas
tidak berpengaruh pada nilai persepsian. Keuntungan relatif berpengaruh positif pada nilai
persepsian.

Article Details

Section
Articles