Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Purwosari Kecamatan Laweyan Kota Surakarta

Main Article Content

Retna Handayani, Didik Setyawan, Ariefah Yulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
masyarakat pada kantor Kelurahan Purwosari Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan
jenis data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data masyarakat Kelurahan
Purwosari Kota Surakarta, adapun sampel penelitian adalah 100 masyarakat Kelurahan
Purwosari Kota Surakarta. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti
fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa
pelayanan kantor kelurahan Purwosari, sehingga H1 diterima. Kehandalan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa pelayanan kantor
kelurahan Purwosari, sehingga H2 diterima. Ketanggapan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa pelayanan kantor kelurahan Purwosari,
sehingga H3 diterima. Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam
menggunakan jasa pelayanan kantor kelurahan Purwosari, sehingga H4 diterima. Empati
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa pelayanan
kantor kelurahan Purwosari, sehingga H5 diterima.

Article Details

Section
Articles