Kualitas Pelayanan Membentuk Kepuasan Pelanggan Di Industri Restoran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model kepuasan pelanggan. Kepuasan Pelanggan
disebabkan oleh kualitas pelayanan. kualitas pelayanan di pengaruhi oleh orientasi pelanggan.
Orientasi pelanggan dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh
motivasi kerja. Sementara orientasi pelanggan juga dipengaruhi oleh motivasi kerja. Data
diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan dan karyawan restoran Rocket
Chicken Surakarta. Teknik penyampelan yang digunakan yang itu Purposive sampling
sebanyak 40 untuk responden karyawan dan 100 untuk responden pelanggan. Uji hipotesis
menggunakan analisis permodelan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian mendapatkan
hasil motivasi pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan orientasi
pelanggan, kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap orientasi pelanggan,
orientasi pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.