Pengaruh Rumor pada Niat Berbagi Informasi Kesehatan yang Benar
Main Article Content
Abstract
Penelitian Studi ini dilakukan untuk menguji niat berbagi informasi kesehatan di media
sosial. Niat berbagi informasi kesehatan dipengaruhi oleh manfaat persepsian. Tingginya
manfaat persepsian yang positif dapat berpengaruh positif terhadap niat berbagi informasi
kesehatan di media sosial. Manfaat persepsian merupakan variabel mediasi yang dipengaruhi
oleh dukungan emosional dan dukungan informasional. Rumor dapat mempengaruhi
dukungan emosional dan dukungan informasional. Data diperoleh melalui kuisioner yang
dibagikan kepada mahasiswa kesehatan yang menggunakan media sosial. sampel yang
digunakan berjumlah 200. Teknik penyampelan yang digunakan adalah purpose sampling.
Uji hipotesis dilakukan dengan analisa SEM (Structural Equation Modeling) dengan metode
analisis jalur.Hasil dalam penilitian ini menunjukkan bahwa empat hipotesis terdukung dan
satu hipotesis tidak terdukung. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa niat berbagi informasi
kesehatan didasarkan pada tingginya manfaat persepsian yang disebabkan dukungan
emosional yang memberikan motivasi untuk mengatasi masalah dukungan informasional
yang memberikan saran yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan dari individu.
Rumor terhadap dukungan dukungan informasional yang memotivasi individu untuk
mengidentifikasikan keaslian informasi agar mendapatkan informasi yang relevan. Rumor
terhadap dukungan emosional bukan menjadi faktor dalam mempengaruhi nait berbagi
karena memiliki tingkat Pendidikan sehingga bisa menganalisa rumor yang didapatkan.